Kamis, 18 Januari 2018

Diet Ibu Menyusui yang Aman Untuk Ibu dan Bayi

01.25

Pasca melahirkan, para ibu yang masih menyusui bayi kerap dilanda dilema, mencemaskan bentuk badannya yang tidak kunjung kembali normal, bahkan bertambah gemuk karena alasan menyusui. Ingin berdiet namun tidak tahu bagaimana cara menurunkan berat badan yang aman untuk dilakukan saat masa menyusui.
jual vco di medan
Jangan sampai ibu memutuskan berhenti menyusui hanya karena ingin berdiet ketat. Sebab, kegiatan menyusui turut membuat berat badan Ibu berkurang secara alami
Berikut ini beberapa cara menurunkan berat badan waktu menyusui yang efektif tanpa membuat ibu dan bayi kekurangan nutrisi, bahkan menambah kualitas ASI dan meningkatkan daya tahan tubuh Ibu dan bayi:
  1. Jangan Memangkas Kalori Secara Drastis, Diet memang mengharuskan seseorang untuk memangkas kalori yang masuk. Namun, hal itu idealnya dilakukan secara bertahap. Jika tiba-tiba Ibu memangkas kalori langsung dalam jumlah besar, maka dapat menimbulkan efek hormonal yang kurang baik terhadap tubuh Ibu juga produksi ASI. Perlu diketahui bahwa batas normal asupan kalori untuk ibu menyusui adalah 1.700-1.800 kalori perhari. Jadi, jangan sampai kebablasan dengan menguranginya hingga di bawah batas normal. Jika ingin diet maka langkah yang paling baik adalah mengurangi porsi makan Ibu setahap demi setahap. Misalnya, hari ini Ibu mengkonsumsi makanan berkalori 2.200 kalori. beberapa hari ke depan kurangi menjadi 2.100-2.000 kalori, lalu semakin lama semakin dikurangi lagi.
  2. Makan Lebih Sering, Frekuensi makan ibu menyusui umumnya lebih sering dibandingkan yang tidak. Hal tersebut tidak sesungguhnya tidak menambah berat badan selama Ibu mengonsumsi dalam porsi-porsi kecil. Yang lebih mengancam justru makan langsung dalam prosi besar. Mengonsumsi  makanan sekali banyak akan membuat proses pencernaan berjalan lebih berat dan lama, serta merangsang rasa lapar lebih cepat.
  3. Lebih Banyak Minum, perbanyak minum air putih saat masa menyusui. Sesuai rekomendasi para pakar kesehatan dunia, setiap orang perlu minum air putih minimal 8 gelas sehari. Untuk ibu menyusui, sangat baik jika mampu minum lebih dari 8 gelas. Minum air putih bukan hanya bertujuan mencegah dampak dehirasi dan sembelit saja, tapi juga menghindarkan Ibu dari rasa lapar palsu. Rasa lapar palsu merupakan keinginan makan terus-menerus, meski sesungguhnya tidak benar-benar lapar.
  4. Konsumsi VCO minyak kelapa murni, VCO minyak kelapa murni adalah suplemen alami yang menyehatkan dan mampu mengikis lemak serta mendetoksifikasi racun di dalam tubuh. Sehingga tubuh menjadi lebih ringan dan segar, serta meningkatkan kandungan asam laurat dalam ASI yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan bayi dan kesehatan Ibu.
  5. Olahraga Teratur, Keberhasilan diet juga dipengaruhi oleh aktivitas Ibu sehari-hari. Semakin aktif Ibu bergerak dan rutin berolahraga, semakin cepat Ibu memperoleh berat badan ideal, olahraga juga menghindarkan Ibu dari bahya stress yang dapat memicu perasaan negatif, termasuk lapar tanpa sebab.
  6. Tidur yang Cukup, Hal yang umum dikeluhkan ibu menyusui adalah kurangnya waktu tidur, sehingga tubuh jadi lemas dan lelah berkepanjangan, kelelahan dapat mendorong pelepasan hormone kortisol yang berefek pada kenaikan berat badan. Tidurlah lebih awal jika bayi sering rewel tengah malam. Atau, pada waktu-waktu lain dimana bayi sedang diasuh oleh suami atau orang tua, dengan rutin mengkonsumsi VCO minyak kelapa murni 3 sdm perhari (tiap 20 menit sebelum makan) akan membuat kualitas tidur lebih baik.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

 

© 2013 Medan VCO. All rights resevered. Designed by Templateism | Blogger Templates

Back To Top