Senin, 22 Januari 2018

Ruam Popok dan Infeksi Akibat Pampers

06.18

Ruam Popok sering disebut dengan “Diaper Rash”, adalah Dermatitis yang timbul pada bayi di bagian yang ditutupi popok, yakni sekitar perut, kemaluan, lipatan paha dan pantat. Ruam disebabkan oleh iritasi kulit, akibat ammonia sebagai hasil dekomposisi urin, serta adanya kemungkinan dari kombinasi faktor-faktor yang meliputi kelembaban, gesekan, urin dan feses, dan keberadaan mikroorganisme. Berhubungan dengan kebersihan dan lingkungan mikroorganisme pada lipatan-lipatan paha,termasuk kelamin dan pantat bayi.
Faktor iritasi utama dalam situasi ini adalah protease dan lipase feses yang aktivitasnya meningkatkan pH asam permukaan kulit. Inilah penyebab tingginya insiden dermatitis iritan popok, contohnya pada bayi yang mengalami diare dalam 48 jam sebelumnya.
Ketika bayi mengompol urine akan mengenai kulit sekitar alat kelamin dan lipatan paha, daerah tersebut akan lembab dan memberikan peluang untuk tumbuhnya mikroorganisme yang dapat merusak kulit bayi. Penimbunan urine pada popok yang basah dapat membuat kulit bayi teriritasi, dan menyebabkan infeksi karena pada urine terdapat bakteri dari jenis ammoniagenes yang dapat menguraikan urine dan membentuk zat yang disebut amoniak, bakteri ini mungkin terkumpul dalam popok, seprei ataupun pakaian bayi dan tanpa diketahui telah menguraikan urine menjadi zat amoniak.

Sejak kecil anak memakai pampers sampai berumur 2-3 tahun, mulai sekarang stop melakukan hal semacam itu. Sebab penggunaan pampers yang terlalu lama pada anak bisa berakibat fatal.
Akibat Jika Terlalu Lama Memakaikan Pampers Pada Anak :
  1. Pampers dapat menyebabkan ruam kulit. Sekilas penggunaan pampers memberikan banyak kemudahan. Kita tidak perlu repot menggantinya setiap jam. Sayangnya hal ini berdampak buruk bagi kesehatan kulit bayi. Bayi lebih gampang terkena ruam kulit dan gatal-gatal. Hal ini bisa disiasati dengan penggantian popok setiap 2-3 jam sekali untuk mengurangi efek ruam kulit yang ditimbulkan. untuk permasalahan ruam popok dapat diatasi dengan extra VCO (virgin coconut oil). Extra VCO aman untuk bayi dan cocok untuk bayi, reaksi penyembuhan juga sangat cepat, jika dioles pagi hari pada sore hari ruam sudah hilang, untuk ruam yang sudah berat, setelah diaoles extra VCO ruam akan hilang dalam 2 hari. ExtraVCO juga mampu mengatasi masalah alergi karena baby oil.
  2. Pampers mengandung bahan kimia berbahaya. Hasil studi yang dilakukan Anderson Laboratories pada tahun 1999 dan diterbitkan di Archives of Environmental Health, menyebutkan bahwa pampers mengeluarkan bahan kimia yang disebut volatile organic compound atau VOCs yang dapat mengakibatkan kanker dan kerusakan otak apabila dipakai terus-menerus dalam jangka waktu yang lama.Jadi sebaiknya menghindari pampers yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti klorin dan bleaching dalam jumlah yang banyak.
  3. Dioxin dalam popok dapat merusak hormon. Segala jenis popok mengeluarkan dioxin yang memiliki karsinogen dan merusak hormon. Dioxin mengendap dalam tubuh dan memberikan dampak buruk bagi sistem reproduksi seseorang.
  4. Bayi laki-laki yang menggunakan pampers temperatur skrotumnya (kantung kemaluan) akan mengalami kenaikan suhu. Para peneliti melaporkan bahwa bayi laki-laki yang terbiasa menggunakan pampers akan mengalami kenaikan suhu beberapa derajat lebih tinggi dibanding yang tidak. “Peningkatan temperature skrotum yang disebabkan oleh pemakaian disposable diaper (pampers) akan mempengaruhi kualitas sperma bayi laki-laki dan meningkatkan angka terjadinya kanker testis di usia dewasa.”
Masalah lainnya yang disebabkan Pampers :
  1. Butuh 500 tahun lebih agar popok dapat terurai. Selama 2 atau 3 tahun pertama kehidupan seorang bayi, dia akan menghabiskan 6000 diapers yang sama dengan 2 ton sampah tidak dapat terurai. Ini perhitungan satu orang bayi, bagaimana dengan seluruh bayi di dunia? Peneliti memperkirakan masyarakat membuang 1,7 milyar diapers setiap tahun. Jika dikalkulasi untuk seluruh dunia, sampah diapers diperkirakan sebanyak 27,4 milyar dan menyumbang 2,5% sampah rumah tangga dunia.
  2. Pampers menyebabkan berbagai polusi. Masalah utama dari pampers adalah bahan-bahan pembentuknya yang susah didaur ulang. Feses yang dibiarkan dalam pampers dan tidak langsung dibuang juga dapat menjadi masalah,yang paling utama adalah polusi udara berupa aroma yang tidak sedap.
  3. Pampers menghabiskan 1,3 juta ton wood pulp atau seperempat juta pohon setiap tahunnya.
Mencegah Ruam Popok
  1. Mengganti popok bayi bila sesering mungkin, 
  2. Menggunakan popok sebaiknya tak lebih dari 3 jam.
  3. Menggunakan popok yang memiliki pori-pori, Memilih baju yang tepat.
  4. Memakai popok yang berbahan lembut.
  5. Menggunakan popok kain sementara waktu, atau Memakai Clodi
  6. Jika sudah berumur 3 tahun atau sudah bisa berjalan dengan lancar sebaiknya balita memang harus segera ditraining untuk pipis di wc.
  7. Membersihkan pantat bayi dengan lembut, menggunakan air hangat.
  8. Membiarkan terkena kontak dengan udara, Menjaga kulit bayi tetap kering dan dingin.
  9. Memilih detergent dan pelembut yang tidak mengakibatkan alergi.
  10. Tidak menggosok pantat bayi terlalu keras dan sering.
  11. Tidak menggunakan bedak pada pantat bayi.
  12. Tidak memakai tisu basah yang beralkohol.
  13. Menggunakan pelembab Extra VCO. Extra VCO dapat mencegah dan menyembuhkan ruam popok. Karena Extra VCO mampu mematikan bakteri dan jamur penyebab candida, serta infeksi lainnya, Extra VCO mengandung Asam laurat yang juga ditemukan dalam Air Susu Ibu (ASI). Asam laurat yang berfungsi memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Extra VCO diproduksi dengan metode cold processed sehingga vitamin E alami yang terkandung dalam santan kelapa tidak rusak sehingga dapat digunakan untuk perawatan kulit. Extra VCO yang dipakai rutin secara topical akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan mengganti dengan sel-sel baru.
Mengatasi Ruam Popok
Berbeda dengan kulit orang dewasa, kulit bayi tergolong sangat sensitif. Sedikit lembab saja atau berkeringat banyak ketika panas bisa menyebabkan ruam dan biang keringat.
Berbagai merek krim bayi dinilai efektif mengatasi ruam-ruam pada bayi, namun produk komersil tidak lepas dari bahan kimia yang berbahaya, jika terus-menerus digunakan dalam jangka waktu yang lama tentu justru berbahaya bagi bayi.

Extra VCO adalah VCO atau minyak kelapa murni yang di produksi dengan metode cold processed,
Extra VCO adalah produk alami dan terbukti aman dan efektif mengobati ruam pada bayi.
Oleskan Extra VCO pada bagian tubuh bayi yang terkena ruam, sebaiknya dioleskan setelah bayi dimandikan. Extra VCO memiliki sifat melembapkan sehingga ruam akan lebih cepat sembuh dan mencegah ruam datang kembali.

Extra VCO tidak hanya efektif mengatasi ruam popok pada bayi, Extra VCO juga memiliki banyak manfaat lainnya bagi bayi :

  1. Mengatasi Sariawan, Bayi bisa mengalami sariawan karena proses pemberian air susu ibu (ASI). oleskan tipis Extra VCO pada puting susu ibu menyusui ketika memberikan ASI, atau juga bisa meneteskan sedikit Extra VCO di mulut bayi untuk mempercepat penyembuhan karena Extra VCO memiliki fungsi antijamur yang bisa melawan sariawan.
  2. Hilangkan Jerawat Pada Bayi, Karena kulitnya yang masih sangat sensitif, bayi mudah diserang jerawat. seperti bintik-bintik kemerahan di kulitnya. Kadang, bintik-bintik jerawat ini tampak meradang dan gatal sehingga bayi akan merasa tidak nyaman. Jika tidak segera ditangani, jerawat pada bayi akan berisiko mengalami infeksi. Gunakan Extra VCO untuk menghilangkan jerawat pada bayi, caranya tuangkan Extra VCO secukupnya pada telapak tangan Anda, kemudian oleskan pada kulit bayi yang berjerawat. Diamkan minimal jam selanjutnya bilas bersih dengan air hangat.
  3. Mengobati gigitan nyamuk dan serangga, Kulit bayi yang digigit serangga akan lebih cepat memerah, meradang, dan membengkak daripada kulit orang dewasa. Bayi akan jadi rewel kalau gigitan tersebut terasa panas atau gatal.  segera atasi dengan Extra VCO. caranya Oleskan Extra VCO pada bagian yang digigit serangga dan diamkan sampai kulit tampak sembuh seperti biasa., ulangi pemakaian sampai sembuh.
  4. Melindungi kulit dari iritasi, Bayi memang belum membutuhkan pelembap. Akan tetapi cuaca, sengatan matahari, atau suhu ruangan kadang bisa membuat kulit bayi jadi kering. Jika dibiarkan, kulit yang kering akan jadi iritasi. Extra VCO bisa menjadi pilihan yang aman untuk melindungi kulit bayi dari iritasi dengan cara mengoleskannya pada kulit bayi.
  5. Meredakan sakit ketika gigi mau tumbuh, Saat bayi menginjak usia 4 sampai 6 bulan, giginya akan mulai tumbuh. Biasanya gigi bayi yang mau tumbuh akan menyebabkan berbagai gejala seperti gusi yang terasa nyeri dan gatal. Hal ini bisa membuat bayi uring-uringan dan rewel, segera atasi dengan Extra VCO yang dioleskan perlahan pada gusi bayi.
  6. Meredakan pilek, Extra VCO yang dicampur dengan minyak esensial seperti eukaliptus atau peppermint sudah berpuluh-puluh tahun digunakan sebagai balsem untuk meredakan hidung tersumbat karena pilek. Berbagai produk balsem yang tersedia di toko biasanya mengandung berbagai bahan kimia dan baunya sangat menyengat, bayi akan merasa lebih nyaman dengan campuran Extra VCO dan minyak esensial yang dioleskan pada dada bayi dan diamkan sepanjang malam.
  7. Mengobati dermatitis seboroik (cradle cap), Kulit kepala bayi masih sensitif, sehingga tak jarang bayi mengalami dermatitis seboroik atau cradle cap. Penyakit ini disebabkan oleh jamur yang pada orang dewasa biasanya muncul dalam bentuk ketombe. Extra VCO bisa mengobati dermatitis seboroik pada bayi dengan aman.
  8. Merangsang pertumbuhan rambut, Jika bayi mengalami masalah pertumbuhan rambut atau rambutnya sangat tipis dibanding bayi seusianya, Gunakan Extra VCO, dengan cara menuangkan Extra VCO secukupnya pada kulit kepala bayi. Setelah itu, pijat dengan lembut dan diamkan selama setengah jam sebelum di bilas sampai bersih dengan air hangat. Extra VCO kaya akan kandungan vitamin E dan K yang akan merangsang akar rambut jadi lebih kuat dan lebih cepat tumbuh. 
Ruam popok

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

 

© 2013 Medan VCO. All rights resevered. Designed by Templateism | Blogger Templates

Back To Top